{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi Sistem Komputer lengkap, mudah dipahami.




 Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).





Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya,
pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan
gambar.


  


KOMPONEN KOMPONEN SISTEM KOMPUTER









Komponen pada sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu:


  1. Hardware(perangkat keras)


Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik,
seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun
perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat
bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set
tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka
perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan
susunan perintah yang didapatkan olehnya.



a.      CPU



 CPU (Central Processing Unit) berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi sistem
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan
peranti input, output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan
berkaitan.

Prosesor terdiri dari sejumlah register yang merupakan memory yang berkecepatan tinggi dan berukuran kecil daripada main memory.



Fungsi register dalam processor antara lain adalah: User visible register, yang memungkinkan programmer dapat mengurangi penggunaan main memory dan merujuk ke register. Serta Control dan status register, yang memungkinkan untuk mengontrol operasi prosesor serta mengontrol operasi prosesor.



Eksekusi instruksi meliputi langkah-langkah berikut:


  1. Penentuan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi.

  2. Pengambilan instruksi dari lokasi yang ditunjuk tersebut, kemudian
    meletakkannya di register instruksi (Instruction Register) yang terletak
    berdampingan dengan Control Unit.

  3. Penterjemahan (decode) instruksi untuk mengetahui operasi apa yang harus dilakukan.

  4. Kalkulasi alamat operand (data yang akan dilibatkan dalam operasi), kemudian ambil operand tersebut.

  5. Melakukan operasi tertentu terhadap operand tersebut.

  6. Simpan hasilnya pada satu lokasidata, register atau memori.

  7. Pengecekkan terhadap keberadaan intrupsi. Jika ada, maka eksekusi instruksi berikutnya ditunda dan operasi instruksi dimulai.


      Interrupt merupakan sinyal yang menyebabkan processor menghentikan suatu pekerjaan tertentu dan berpindah untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Jenis-jenis interrupt antara lain:

     Software interrupt merupakan interrupt yang disebabkan oleh software atau sering disebut sebagai System Call, misalnya suatu program ini mencetak hasil ke printer.

     Hardware interrupt merupakan
interrupt yang disebabkan oleh hardware yang terjadi karena ada akse
dari perangkat keras, seperti penekanan tombol keyboard dan penggerakan
pointer mouse, flash disk, DVD Room.



b.      Main Memory









Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua
informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas
lebih besar yaitu memori utama.



Terbagi menjadi dua yaitu:

1. Internal Storage



 adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu:

RAM (Random Access Memory). Untuk menyimpan program
yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi
menjadi empat bagian utama, yaitu: Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. Output Storge, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

ROM (Read Only Memory). Memori yang hanya bisa
dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke
dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg
terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan
karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan
kontrol tertentu, dan bootstrap program.

Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer
diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali,
yaitu: PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.



2. External Storage

Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan &
penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :Floppy Disk, Hard Disk,
CD Room, DVD



c.       Modul I/O









Perangkat masukan dan keluaran (I/O), adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board sistem atau card. Controller
dihubungkan dengan pemroses dan komponen lainnya melalui bus.
Controller mempunyai register-register untuk pengendaliannya yang berisi
status kendali. Tiap controller dibuat agar dapat dialamati secara
individu oleh pemroses sehingga perangkat lunak device driver dapat
menulis ke register-registernya sehingga dapat mengendalikannya. Sistem
operasi lebih berkepentingan dengan pengendali dibanding dengan
perangkat fisik mekanis.Perangkat I/O juga memindahkan data antara
komputer dan lingkungan eksternal. Lingkungan eksternal dapat
diantarmuka (interface) dengan beragam perangkat, seperti: perangkat
penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal.

Interkoneksi antar komponen adalah struktur dan
mekanisme untuk menghubungkan antar komponen dalam sistem komputer yang
disebut bus. Bus terdiri dari tiga macam, yaitu :


  1. Bus alamat (address bus). Berisi 16, 20, 24 jalur
    sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port
    yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini.Jumlah lokasi memori yang
    dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N
    jalur alamat maka dapat mengalamati 2 pangkat N (2N) lokasi memori
    dan/atau port secara langsung.

  2. Bus data (data bus). Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal
    paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional).
    CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Banyak
    perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu
    perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.

  3. c.       Bus kendali (control bus). Berisi 4-10 jalur sinyal paralel. CPU mengirim sinyal-sinyal pada bus kendali untuk memerintahkan memori atau port.


Sinyal bus kendali antara lain :


  1. Memory read, untuk memerintahkan melakukan pembacaan dari memori.

  2. Memory write, untuk memerintahkan melakukan penulisan ke memori.

  3. I/O read, untuk memerintahkan melakukan pembacaan dari port I/O.

  4. I/O write, untuk memerintahkan melakukan penulisan ke port I/O.


    2.    Software ( Perangkat Lunak )



     Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan
masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat
berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan
perintah yang dijalankannya.



Operating System

Sistem operasi atau  operating system ialah Program dasar pada komputer
yang menghubungkan pengguna dengan hardware  komputerPerangkat lunak
yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari
aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya
adalah :



1.    Linux

2.    Windows

3.    Mac OS



Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan
program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta 
penginstalan dan

pembuangan Software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode
(driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.



Application Program

Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program
siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum,
aplikasi khusus dibidang

industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau
perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :

1.    Microsoft Word

2.    Microsoft Excel

3.    CorelDraw X4

4.    Dll



Language Program


Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan
oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer
memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain
menggunakan

bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk
menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang
dilakukan oleh programer, seperti :

1.    Visual basic

2.    Turbo pascal

3.    Delphi



3.    Brainware


Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika
tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.







Post a Comment for "Rangkuman Materi Sistem Komputer lengkap, mudah dipahami."