Skip to main content

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020


 Madrasah Education Quality Reform (IBRD 8992-ID) -selanjutnya disingkat REP-MEQR ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama (Kemenag). Proyek ini akan dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai dengan pelaksanaan proyek pada tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024. Pelaksanaan proyek didanai oleh Bank Dunia sebesar Rp. 3.75 Triliun (USD 250 juta). Proyek ini akan dilaksanakan di seluruh 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Proyek ini terdiri atas empat komponen proyek yang berpotensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kemenag. Keempat komponen tersebut adalah:

  1. Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah;
  2. Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara nasional;
  3. Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan
  4. Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.

Sekilas tentang AKSI Madrasah

  1. Merupakan pengukuran kompetensi siswa madrasah yang mencakup Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya
  2. Fungsinya memahami hasil belajar individu siswa dan memberi informasi tentang posisi siswa dalam lintasan belajar jangka panjang
  3. Dilakukan pada siswa yang berada di tengah jenjang madrasah (kelas 5, 8, 11) sehingga mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran
  4. Mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA atau TIMSS (higher order thinking skills)

Kedudukan AKSI Madrasah

  • AKSI Madrasah

  1. Fungsi Memahami hasil belajar individu siswa
  2. Target Pengukuran Literasi Membaca, Numerasi, Sains, dan Sosial-Budaya
  3. Peserta Seluruh siswa madrasah kelas 5, 8 dan 11 (sensus)

  • AKM Nasional

  1. Fungsi Mengevaluasi kualitas system pendidikan
  2. Target Pengukuran Literasi Membaca dan Numerasi
  3. Peserta Sampel dari siswa kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, kelas 11 SMA/MA, dan kelas 11 SMK

  • Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar

  1. Fungsi Mengevaluasi kualitas system pendidikan
  2. Target Pengukuran Disposisi dan keterampilan sosialemosional-etis-spiritual siswa kesejahteraan psikologis siswa dan guru praktik-praktik pengajaran/iklim belajar di sekolah
  3. Peserta Sampel dari siswa kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, kelas 11 SMA/MA, dan kelas 11 SMK

Kompetensi yang Diukur AKSI Madrasah

  • Literasi Membaca - Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat
  • Literasi Numerasi - Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia
  • Literasi Sains - Kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia
  • Literasi Sosial Budaya - Kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa, bahasa, kebiasaaan, adat istiadat, kepercayaan, dan lapisan sosial dan Literasi sosial budaya juga mencakup Survey Karakter, yaitu upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter peserta didik di madrasah terkait apakah azas Pancasila dan moderasi beragama benar-benar dirasakan peserta didik dalam interaksi di madrasah
Link tautan 

TUTORIAL MADRASAH



TUTORIAL SISWA




Tunggu info.lebih lanjut mengenai AKSI 2020

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...