name="robots" content="index, follow" Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020 - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020


 Madrasah Education Quality Reform (IBRD 8992-ID) -selanjutnya disingkat REP-MEQR ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama (Kemenag). Proyek ini akan dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai dengan pelaksanaan proyek pada tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024. Pelaksanaan proyek didanai oleh Bank Dunia sebesar Rp. 3.75 Triliun (USD 250 juta). Proyek ini akan dilaksanakan di seluruh 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Proyek ini terdiri atas empat komponen proyek yang berpotensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kemenag. Keempat komponen tersebut adalah:

  1. Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah;
  2. Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara nasional;
  3. Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan
  4. Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.

Sekilas tentang AKSI Madrasah

  1. Merupakan pengukuran kompetensi siswa madrasah yang mencakup Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya
  2. Fungsinya memahami hasil belajar individu siswa dan memberi informasi tentang posisi siswa dalam lintasan belajar jangka panjang
  3. Dilakukan pada siswa yang berada di tengah jenjang madrasah (kelas 5, 8, 11) sehingga mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran
  4. Mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA atau TIMSS (higher order thinking skills)

Kedudukan AKSI Madrasah

  • AKSI Madrasah

  1. Fungsi Memahami hasil belajar individu siswa
  2. Target Pengukuran Literasi Membaca, Numerasi, Sains, dan Sosial-Budaya
  3. Peserta Seluruh siswa madrasah kelas 5, 8 dan 11 (sensus)

  • AKM Nasional

  1. Fungsi Mengevaluasi kualitas system pendidikan
  2. Target Pengukuran Literasi Membaca dan Numerasi
  3. Peserta Sampel dari siswa kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, kelas 11 SMA/MA, dan kelas 11 SMK

  • Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar

  1. Fungsi Mengevaluasi kualitas system pendidikan
  2. Target Pengukuran Disposisi dan keterampilan sosialemosional-etis-spiritual siswa kesejahteraan psikologis siswa dan guru praktik-praktik pengajaran/iklim belajar di sekolah
  3. Peserta Sampel dari siswa kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, kelas 11 SMA/MA, dan kelas 11 SMK

Kompetensi yang Diukur AKSI Madrasah

  • Literasi Membaca - Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat
  • Literasi Numerasi - Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia
  • Literasi Sains - Kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia
  • Literasi Sosial Budaya - Kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa, bahasa, kebiasaaan, adat istiadat, kepercayaan, dan lapisan sosial dan Literasi sosial budaya juga mencakup Survey Karakter, yaitu upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter peserta didik di madrasah terkait apakah azas Pancasila dan moderasi beragama benar-benar dirasakan peserta didik dalam interaksi di madrasah
Link tautan 

TUTORIAL MADRASAH



TUTORIAL SISWA




Tunggu info.lebih lanjut mengenai AKSI 2020

5 comments for "Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2020"

MTs YATPI GODONG January 18, 2021 at 1:04 PM Delete Comment
Ngeluuuuuu
Editor Admin January 18, 2021 at 1:12 PM Delete Comment
iyo ndan podo kie
Muhammad Khabib, S.Pd.I January 18, 2021 at 1:13 PM Delete Comment
Tetap Semangat!!!! Walaupun aplikasi berjibun
Editor Admin January 18, 2021 at 1:18 PM Delete Comment
iya ndan lah semangat 69 pokok e wkwkwkw
Editor Admin January 18, 2021 at 1:19 PM Delete Comment
penting BIO klier dulu ini hanya muqodimah sajha hehee