Rpp Daring B.INDO Kelas 7 FULL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan
Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan
Isi Teks Deskripsi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving) ·
Melalui Whattsapp
group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik
mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali
hal- hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan
Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi). (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi). (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi).(Collecting
information and Problem solving) ·
Melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks
Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi), Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang
belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 3 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan
Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan
Isi Teks 1 dan Teks 2. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan
Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan
Isi Teks 1 dan Teks 2. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2.(Collecting information and Problem solving) ·
Melalui Whattsapp
group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik
mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks
2, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
A.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2)
Penilaian diri
3)
Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1.
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1)
Kinerja
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Kalimat Berisi Penjelasan
Terperinci untuk Mengonkretkan
© Menggunakan Pilihan Kata
dengan Emosi Kuat
©
Mengidentifikasi Majas
b. Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
© Ciri objek yang dideskripsikan
©
Tujuan menciptakan teks deskripsi
©
Ciri isi teks deskripsi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Telegram, zoom, google form dll · Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menelaah
Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi). (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi). (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menelaah
Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi).(Collecting information and Problem solving) ·
Melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menelaah Struktur dan Bahasa
Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi), Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menelaah
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menelaah
Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi.(Collecting
information and Problem solving) ·
Melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 3 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Telegram, zoom, google form dll · Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Penggunaan
Kata Depan pada Teks Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan
Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang
Bervariasi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi,
Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital,
Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi,
Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat
Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi.(Collecting
information and Problem solving) ·
Melalui Whattsapp
group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik
mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Penggunaan Kata Depan pada Teks
Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan
Pilihan Kata yang Bervariasi, Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal
yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
B.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
4.
Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian diri
3)
Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1)
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1)
Kinerja
5. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
6.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
c.
Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Menentukan Ciri Isi dan Tujuan
Teks Deskripsi
Ø Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Depan pada
Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Kata Khusus
Ø Penggunaan Kata depan di- dan
Huruf Kapital
Ø Mendaftar Kalimat Bermajas
Ø Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi
Ø Mencermati Penulisan Kata
Depan pada Teks Deskripsi
Ø Penggunaan Huruf Kapital,
Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
d. Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø
Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Penggunaan
Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan
Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p,
t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Penggunaan Kalimat Perincian untuk
Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan
Sinonim pada Teks Deskripsi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Penggunaan
Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan
Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p,
t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving) ·
Melalui Whattsapp
group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik
mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Penggunaan Kalimat Perincian untuk
Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata
Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ELMINIEN, S.Pd
SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd
Nip. 196604211994121088 Nip. 197511062010012088
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menulis
Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menulis Teks Deskripsi dan
Langkah- langkah Menyusun Teks Dekripsi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menulis
Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi.(Collecting information and Problem solving) ·
Melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menulis Teks Deskripsi dan
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi, Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
· Guru bersama
peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ELMINIEN, S.Pd
SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd
Nip. 196604211994121088 Nip. 197511062010012088
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai
Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA |
Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2 Pertemuan ke : 3 |
||
Materi |
: |
Telaah Model
Teks Deskripsi |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B, KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi
(ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan
sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN
INTI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menyunting
Teks Deskripsi. (Literasi) ·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menyunting Teks Deskripsi. (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menyunting
Teks Deskripsi.(Collecting
information and Problem solving) ·
Melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian
ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) ·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dipelajari terkait Menyunting Teks Deskripsi, Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar · Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ELMINIEN, S.Pd
SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd
Nip. 196604211994121088 Nip.
197511062010012088
C.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
7.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
4)
Observasi (jurnal)
5)
Penilaian diri
6)
Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
2) Ter tertulis
c.
Keterampilan
2)
Kinerja
8. Instrumen Penilaian
g. Pertemuan Pertama (Terlampir)
h. Pertemuan Kedua (Terlampir)
i.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
9.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
e. Remedial
3)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
4)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya
sebagai berikut.
Ø Menelaah kembali teks yang di
tulis dengan menggunakan rubric
Ø Rubrik menulis teks tanggapan deskriptif
f.
Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Penggunaan Huruf Kapital dan
Tanda Koma pada Teks Deskrisi
Sumber : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-daring-b-indo-kelas-7-full/
Post a Comment for "Rpp Daring B.INDO Kelas 7 FULL"