{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rpp Daring B.INDO Kelas 7 FULL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 1

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi, Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-

hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 2

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi). (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi). (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi).(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi (Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi), Peserta didik kemudian diberi

kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 3

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menentukan Isi Teks Deskripsi, Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk

menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


A.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian

a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)

1)    Observasi (jurnal)

2)    Penilaian diri

3)    Penilaian antarteman

b.      Pengetahuan

1.    Ter tertulis

c.       Keterampilan

1)    Kinerja

2.      Instrumen Penilaian

a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

© Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan

© Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat

© Mengidentifikasi Majas

 

b.      Pengayaan

1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

© Ciri objek yang dideskripsikan

© Tujuan menciptakan teks deskripsi

© Ciri isi teks deskripsi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 1

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi). (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi). (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi).(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi (Mencermati Struktur Teks Deskripsi), Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum

dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 2

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait

Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 3

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf  Kapital,  Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi, Kata Khusus, Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital, Mendaftar Kalimat Bermajas, Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang

belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


B.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

4.      Teknik Penilaian

a.  Sikap (Spiritualdan Sosial)

1)      Observasi (jurnal)

2)      Penilaian diri

3)      Penilaian antarteman

b.  Pengetahuan

1)      Ter tertulis

c.  Keterampilan

1)      Kinerja

5.      Instrumen Penilaian

a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

 

 

6.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

c.       Remedial

1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

Ø  Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Ø  Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Ø  Penggunaan Kata Khusus

Ø  Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital

Ø  Mendaftar Kalimat Bermajas

Ø  Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi

Ø  Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Ø  Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks

d.      Pengayaan

1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

Ø  Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 1

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

 

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              


 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan, Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra, Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s) dan Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal

yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

ELMINIEN, S.Pd                                                                                                                               SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                                                                             Nip. 197511062010012088

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 2

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan


 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menulis Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menulis Teks Deskripsi dan Langkah- langkah Menyusun Teks Dekripsi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menulis Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menulis Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

(Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

ELMINIEN, S.Pd                                                                                                                               SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                                                                             Nip. 197511062010012088

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                  : SMP

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester   : VII / 1

Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

KD                : 3.1, 4.1 dan 3.2 , 4.2

Pertemuan ke : 3

Materi

:

Telaah Model Teks Deskripsi

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                    

Text Box: •	Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
•	Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
•	Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
•	Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
•	Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
•	Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
•	Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan


 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                              

 

 

MEDIA

·       Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·       Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·       Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·       Buku guru dan siswa

·       Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·        Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·        Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Menyunting Teks Deskripsi. (Literasi)

·        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menyunting Teks Deskripsi. (HOTS)

·        Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menyunting Teks Deskripsi.(Collecting information and Problem solving)

·        Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait

Menyunting Teks Deskripsi, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                                                                                          

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,............................................................................................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

ELMINIEN, S.Pd                                                                                                                               SHOLIHUL MU’MININ, S.Pd

Nip. 196604211994121088                                                                                                             Nip. 197511062010012088

 

 

 

 

C.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

7.      Teknik Penilaian

a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)

4)      Observasi (jurnal)

5)      Penilaian diri

6)      Penilaian antarteman

b.  Pengetahuan

2) Ter tertulis

c.  Keterampilan

2)      Kinerja

8.      Instrumen Penilaian

g.      Pertemuan Pertama (Terlampir)

h.      Pertemuan Kedua (Terlampir)

i.        Pertemuan Ketiga (Terlampir)


9.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

e.       Remedial

3)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

4)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM  (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

Ø  Menelaah kembali teks yang di tulis dengan menggunakan rubric

Ø  Rubrik menulis teks tanggapan deskriptif

f.        Pengayaan

1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

Ø  Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi

 

Sumber : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-daring-b-indo-kelas-7-full/

Post a Comment for "Rpp Daring B.INDO Kelas 7 FULL"