Pedoman Pelaksanaan EDM Evaluasi Diri Madrasah
Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah. Semangat kebersamaan seluruh warga sekolah untuk mau mengeevaluasi diri demi kemajuan bersama adalah kunci dari manfaat EDM ini.
Manfaat EDM
Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran dan kejujuranyang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan mutu pendidikan. Dengan melakukan EDM, madrasah akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
- mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah.
- mengetahuikekuatan,kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah.
- mengetahuipeluang untuk memperbaiki mutu pendidikan, menilai keberhasilan dan melakukan penyesuaian program-program yang ada
- mengetahuijenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikanmutu.
- dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah.6.bahan penyusunan RKAM
- Setiap aspek terdiri dari beberapa indikator yang diyakini memiliki daya ungkit untuk mengukur kinerja mutu madrasah dan memiliki penciri terhadap pemenuhan indikator 8 SNP.
- Setiap indikator terdiri dari 4 level pencapaian: level 1 (kurang), level 2 (sedang), level 3 (baik), dan level 4 (amat baik).
- Tiap level pencapaian dicirikan oleh penciri kinerja, yang dapat berbentuk kuantitatif dan/atau kualitatif.
- Pada bagian akhir dari setiap indikator, terdapat bagian rekapitulasi untuk mendiskripsikan hasil penilaian TIM yang diperolehberdasarkan data, fakta, wawancara atau observasi (bukti fisik).
- Berdasarkan informasi dan bukti fisik, TIM memutuskan untuk memberikan level pencapaian kinerja setiap indikator (level 1, 2, 3 atau 4).6.Levelpencapaian setiap indikator selanjutnya digunakan untuk menilai kinerja madrasah setiap aspek dan secara keseluruhan (score card)
- EDM dilakukan secara rutin setiap tahun.
- EDM disusun berdasarkan data dan fakta objektif karena akan digunakan oleh madrasah untuk perbaikan mutu madrasah itu sendiri.
- Hasil EDM terbuka untuk diketahui oleh semua pihak.
- EDM dilakukan secara online atau semi onlineuntuk madrasah di daerah yang mengalami kesulitan akses internet.
Post a Comment for "Pedoman Pelaksanaan EDM Evaluasi Diri Madrasah"