name="robots" content="index, follow" Aplikasi Survey Apa itu Google Form? - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Survey Apa itu Google Form?

Opm Madrasah Kab Grobogan
Pada postingan kali ini akan membahas pengertian dan kegunaan Google Form
Jadi Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Google saat ini terus melakkan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, di antaranya google docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google form.  Biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti memebuat kuisioner , membuat quick count pendapat, membuat fomulir pendaftaan online, kemudian mengelolanya dan masih banyak lagi.

Kegunaan Google Form

Sebenarnya apa sih manfaat dan kegunaan Google Form? Banyak. Beberapa di antaranya adalah memudahkan Anda untuk membuat sealigus mengoleksi atau mengumpulkan sebuah data. Kenapa harus google form? Karena, google form akan mengumpulkan data dengan baik dan tentunya real time.

Jadi, Anda tidak perlu meluangkan banyak tenaga untuk memberikan pertanyaan satu persatu pada yang bersangkutan, apalagi sampai mencetak pertanyaan di kertas demi kuisioner. Kini, teknolgi telah memudahkan semuanya. Anda hanya perlu membagikan sebuah link dari google form yang telah dibuat, kemudian biarkan orang mengisi kuisioner secara online.

Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang media berupa kertas, tinta, buang waktu, dan juga tenaga. Dan yang tidak kalah penting ialah, data kuisioner yang Anda ajukan akan terjamin keamanannya.

Cara Membuat Google form

Keberadaan Google formdi era seperti sekarang sangat memudahkan beberapa pekerjaan. Tapi bagaimana  langkah membuat Google form? Yang paling penting, Anda wajib memiliki akun gmail.

Kalau  belum punya, buat terlebih dahulu dengan melakukan registrasi. Kalau suah punya, tinggal mengikuti langkah berikut ini

Pertama, Anda perlu memilih template untuk formulir pendaftaran. Tapi sebelum itu, syarat untuk bisa membuka google form ialah memiliki gmail untuk masu ke google docs sama seperti sebelumnya..

Serupa dengan pembuatan kuisioner, buatlah judul dan deskrisi di formulir pendaftaran yang ingin Anda buat.

Pertanyaan dalam formulir pendaftaran umumnya tidak menggunakan opsi multiple choice melainkan short answer atau paragraph. Apa yang perlu ditanyakan? Biasanya berupa “nama, tempat tanggal lahir, usia” maupun info lain yang Anda butuhkan.

Untuk mempermudah, Anda bisa juga memilih “multiple choice grid” untuk membuat tabel di Google form. Tabel bisa diisi informasi yang Anda butuhkan dari pengguna.

Langkah terakhir dari cara membuat google form yakni dengan mengirim dengan klik “send” di pojok kanan atas




Post a Comment for "Aplikasi Survey Apa itu Google Form?"