name="robots" content="index, follow" Menambahkan Pengecualian File atau Folder Tertentu pada Windows - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menambahkan Pengecualian File atau Folder Tertentu pada Windows

Opm Madrasah Kab Grobogan

Antivirus pada dasarnya merupakan aplikasi atau program yang berguna untuk melindungi computer kita dari serangan program jahat yang disebut dengan virus. Virus computer sendiri aja banyak jenis dan variant, diantaranya adalah Trojan, worm dan lain sebagainya.

Windows Defender merupakan sebuah aplikasi atau program bawaan windows yang bisa dibilang aplikasi antivirus terbaik untuk windows. Namun sebaik apapun sebuah program pasti memiliki kelemahan, dan sering kali salah mendeteksi file biasa namun dikira virus.

Antivirus itu sendiri dibuat untuk melawan program jahat yang disebut dengan virus computer, namun yang menjadi permasalahan adalah : Terkadang Antivirus tidak dapat mengenali mana yang benar-benar virus dan mana yang bukan virus.

Terkadang aplikasi yang kita butuhkan malah dihapus oleh antivirus karena dianggap sebagai virus, padahal Sebenarnya aplikasi tersebut bersih tanpa ter infeksi virus.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasi aplikasi yang disangka virus oleh antivirus ? bagaimana cara agar aplikasi yang kita miliki tidak dihapus oleh antivirus? nah untuk mengatasi permasalahan antivirus ngaco tersebut adalah dengan membuat pengecualian.

Rekomendasi Baca 

Cara Mengatasi File Yang Dianggap Virus Oleh Antivirus Windows Defender
  1. Ketika peringatan Threats Found mulai tampil dan mencurigai file yang bukanlah virus, maka segeralah buka program atau aplikasi Windows Defender, dan segera buat Exception atau white list atau daftar pengecualian.
  2. Setelah halaman windows defender terbuka, lanjutkan dengan melakukan klik pada icon gear untuk masuk ke halaman setting atau pengaturan pada windows defender.
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman settings windows defender, selanjutnya silahkan klik pada pilihan atau tulisan Virus & Threats Protection Settings.
  4. Langkah berikutnya, anda telah masuk pada halaman virus & Threats Protection Settings, pada halaman tersebut, silahkan Geser atau scrool ke awah sehingga anda menemukan pilihan Exclusions. Silahkan klik pada tulisan Add or Remove Exclusions
  5. Langkah ke lima, anda masuk ke menu untuk menambahkan Exclusions yang berguna untuk menambahkan aplikasi atau file apa saja agar tidak dikenali oleh antivirus windows defender. Caranya adalah silahkan klik pada tombol Plus Add an Exclusions , kemudian pilih file jika hanya ingin menambahkan satu file saja, atau pilih Folder jika anda ingin menambahkan langsung satu folder beserta semua isi file didalamnya.
  6. Langkah selanjutnya, anda akan masuk ke mode browses yang berguna untuk memilih folder atau file mana yang akan anda masukkan ke daftar pengecualian, silahkan pilih folder yang anda mau.
  7. Setelah anda memilih folder yang ingin anda masukkan ke daftar pengecualian, anda akan diminta memberikan izin sebagai administrator oleh User account control. Silahkan pilih YES untuk mealanjutkan.
  8. Selesai dan sekarang file atau program yang sebelumnya dicurigai sebagai virus oleh antivirus telah aman dan tidak akan ikut di scan jika antivirus windows defender melakukan pemindaian pada computer anda.


Post a Comment for "Menambahkan Pengecualian File atau Folder Tertentu pada Windows"