name="robots" content="index, follow" Cara Daftar Akun Vervalpd Kemdikbud melalui web SDM PDSPK - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Akun Vervalpd Kemdikbud melalui web SDM PDSPK

editor : Revisi 03 Agustus 2024
Vervalpd adalah Web milik kemdikbud yang di gunakan untuk mengvalidasi data Siswa terkait dengan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ) agar valid sesuai data peserta didik di lingkungan pendidikan madrasah,

Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) adalah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk memastikan keakuratan data peserta didik. Berikut beberapa fungsi utama dari Verval PD:

  1. Pengajuan NISN: Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi siswa yang belum memilikinya.
  2. Pencarian dan Penyocokan NISN: Membantu mencari dan menyocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISN-nya.
  3. Perbaikan Data: Memungkinkan perbaikan data individu siswa, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu.
  4. Verifikasi Data: Memverifikasi data antara Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) untuk memastikan keakuratan data.
Aplikasi ini sangat penting untuk memastikan data peserta didik yang tercatat dalam sistem pendidikan nasional adalah akurat dan up-to-date

Siapa saja yang akses Vervalpd

Semua lembaga baik jajaran Diknas Maupun Kemenag baik jenjang PaudQ, PPs, RA, MI, MTs dan MA wajib memiliki akun SDM PDSPK untuk mengakses Vervalpd.

Tujuan Aplikasi Vervalpd

Aplikasi Vervalpd ini di rancang untuk lembaga pendidikan untuk penerbitan NISN dan mengvalidkan data Siswa berbasis Nasional.
jadi sesuai dengan namanya VerValPd ( Verifikasi Validasi Peserta Didik ), dan fungsi dari pada NISN adalah Atribut siswa secara nasional untuk mendaftr ke jenjang selanjutnya lebih khusus di lembaga MTs/SMP atau MA/SMA/SMK yang Wajib memiliki NISN ketika ingin mendaftar.

ujuan utama dari aplikasi Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) adalah untuk memastikan keakuratan dan validitas data peserta didik di seluruh Indonesia. Berikut adalah beberapa tujuan spesifik dari aplikasi ini :

  1. Mengajukan NISN: Memfasilitasi pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi siswa yang belum memilikinya.
  2. Mencari dan Menyocokkan NISN: Membantu mencari dan menyocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISN-nya.
  3. Perbaikan Data: Memungkinkan perbaikan data individu siswa, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu.
  4. Verifikasi Data: Memverifikasi data antara Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) untuk memastikan keakuratan data.
  5. Pemantauan Data: Memantau data peserta didik yang sudah memiliki NISN maupun data yang masih invalid di setiap sekolah.


Gambar 1

Langkah langkah yang harus di lakukan operator adalah 

  1. Silahkan kunjungi web SDM PDSPK di sini https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih regestrasi ===> Satuan Pendidikan maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
    Gambar 2

  3. Selanjutnya input data regestrasi dengan lengkap dan benar di form Pendaftaran Anggota Satuan Pendidikan 
    Gambar 3
    Baca Juga Cara Mendapatkan Kode Regestrasi dalam pendaftaran akun SDM Satuan Pendidikan VervalPd
  4. Setelah langkah ini selesai temen2 bisa cek aktifasi pendaftaran di link berikut ini 
  5. CEK STATUS PENDAFTARAN SDM PDSPK Klik disini
Baca Juga : 

Post a Comment for "Cara Daftar Akun Vervalpd Kemdikbud melalui web SDM PDSPK"