Skip to main content

MEMBUAT AIR MANCUR SEDERHANA

MEMBUAT AIR MANCUR SEDERHANA

Bermain sais pada anak usia dini adalah salah satu kegiatan untuk mengembangkan aspek perkembangan dan potensi yang dimiliki anak. Pembelajaran sains melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan mendengar dan mengecap. Semakin banyak keterlibatan indra dalam belajar, anak semakin memahami apa yang di pelajari. Anak memperoleh pengetahuan baru dari hasil penginderaaannya dalam berbagaai benda yang ada di sekitarnya.

Dengan kegiatan pembuatan air mancur sederhana ini diharapkan peserta didik dapat memahami manfaat air dan sifat-sifat air. Diantara sifat-sifat air antara lain 

1. Dapat berubah wujud

Untuk anak Usia Dini perubahan wujud air dapat di contohkan dengan contoh perubahan air menjadi es ketika di dinginkan. Es adalah benda padat,perubahan benda dari cair menjadi padat dapat menjadi contoh yang sangat sederhana dan mudah di pahami oleh anak-anak.

2.Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.

Untuk contoh yang mudah bagi pendidik untuk menjelaskan di ambil contoh air yang mengalir dari botol ke tanah, jadi air akan mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah, hal ini sesuai dengan gaya gravitasi bumi yakni berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

3.Meresap melalui celah-celah.

Untuk memahami sifat air meresap melalui celah-celah di contohkan air dituangkan ke busa. sehingga terlihat jelas peresapan air yang terjadi.

4. Permukaan tenang / datar.

Sifat yang dimiliki oleh air selanjutnya adalah bahwa air mempunyai permukaan yang tenang dan juga bersifat datar, hal ini dapat kita amati dari air yang ada di dalam botol terlihat datar dan tenang.

5. Menekan ke segala arah.

Sifat air yang terakhir adalah dapat menekan ke segala arah. Seperti yang terjadi pada peristiwa pembuatan air mancur sederhana, air mendapat tekanan udara dari balon yang di tiup sehingga air bisa menekan ke segala arah melewati pipa / sedotan yang sudah di pasang.

Melalui eksperiman sederhana ini diharapkan peserta didik memiliki pengalaman belajar yang baru dan berkesan pada diri anak. Mereka akan lebih paham dan mengerti jika melalui praktik langsung. Bahan yang di gunakan pun sangat mudah di dapat dan sederhana.

Diterbitkan:13 April 2022 11:55
Sumber:https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/sifat-sifat-air. https://edukasi.kompas.com/read/2020/
Penulis:INDAH DWI AGUSTINA
RPP Terkait:MEMBUAT AIR MANCUR SEDERHANA

Join Telegram https://t.me/opm_madrasah

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...