name="robots" content="index, follow" Contoh Soal Kelas 5 Tema 6 Sub 2 - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Kelas 5 Tema 6 Sub 2

www.operatormadrasahhebat.my.id

PPKN

1.      Pasal yang terdapat dalam  UUD 1945 yang mengatur Hak untuk mendapatkan pengajaran adalah ....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945

2.   Segala sesuatu yang seharusnya diperoleh seseorang disebut....
a. Kewajiban

b. Tata Tertib
c. Peraturan
d. Hak

3.   Pasal yang terdapat dalam  UUD 1945 yang mengatur Hak untuk menyampaikan pendapat adalah ....
a. Pasal 28 UUD 1945

b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945

4.   Kewajiban seorang siswa disekolah adalah....
a. Mendapatkan pelajaran.

b. Mengerjakan Tugas Sekolah
c. Mendapatkan perhatian guru
d. Makan di kantin sekolah

IPA

5.   Panas dapat berpindah dari ….
a. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tingggi
b. Benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah
c. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu minus
d. Benda bersuhu nol ke benda bersuhu 100

6.   Radiasi adalah proses perpindahan panas dengan ….
a. Tanpa zat perantara
b. Tanpa perantara cahaya
c. Perantara logam
d. Dengan zat perantara

7.   Air yang dimasak dalam panci bisa mendidih merata ketika dipanaskan termasuk perpindahan panas secara ….
a. Konveksi
b. Konduksi
c. Respirasi
d. Evaporasi

8.   Alat di bawah ini yang memiliki cara kerja pepindahan panas secara konduksi adalah ….
a. Lampu pijar
b. Kompor
c. Setrika
d. Oven

 

SBDP

9. Tari jaran kepang mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai…

a.    miring dan lurus

b.    lurus dan lengkung

c.     melingkar, lurus, horisontal, lengkung

d.    miring dan lengkung

10.    Tari Saman dari Aceh mempunyai pola lantai berbentuk ….
a. Vertikal
b. Horizontal
c. Melengkung
d. Lingkaran

11.     Pola lantai dalam tari dibedakan dalam 2 jenis yaitu garis ..... dan garis.....
A. Lurus dan lengkung
B. Panjang dan pendek
C. Besar dan kecil
D. Nyata dan palsu

12.    Jenis pola lantai dalam tarian yang berupa para penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya seperti pada Tari Serimpi dari Jawa Tengah dinamakan pola lantai ….
a. Hoizontal
b. Diagonal
c. Oval
d. Vertikal

BAHASA INDONESIA

13.  Agar  dapat menjelaskan isi teks maka hal yang hrus diperhatikan adalah....

a.    Membaca teks dengan seksama dan memahami informasi penting

b.    Membaca teks dengan cepat agar tidak kehabisan waktu

c.    Tidak membaca teks sama sekali

d.   Membuat ringkasan

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!

Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

14.  Kata kunci pada pargraf pertama...

a.       Cara menghasilkan energi panas

b.      Kegunaan matahari

c.       Kegunan matahari

d.      Sumber energi panas

15.  Sumber energi panas yaitu....

a.       matahari dan api

b.      matahari dan air

c.       matahari dan angin

d.      matahari dan udara

16.  kesimpulan dari bacaan diatas adalah....

a.    energi panas memiliki banyak manfaat bagi manusia

b.    energi matahari dapat menerangi bumi

c.    energi panas dapat dihasilkan dari sinar matahari

d.   sumber energi panas ada disekitar kita dan sumber energi terbesar adalah matahari

IPS

17.  Tempat Pelelangan ikan biasanya dibangun didaerah...
a. Bandara

b. Dermaga
c. Pasar
d. Pelabuhan Ikan

18.  Salah satu bentuk  Interaksi yang baik antara manusia dan lingkungan adalah....

a.       Membuat sampah pada tempatnya

b.      Menggunakan Bom Ikan

c.       Menggunakan pestisida yang berlebihan

d.      Membuang sampah ke sungai

19.   Contoh Interaksi manusia dengan alam adalah...

a.       Bayu yang sedang bermain badminton

b.      Nelayan yang sedang menagkap ikan dilaut

c.       Guru yang sedang mengajar

d.      regu yang sedang bertanding sepakbola

20.   Akibat interaksi negatif manusia dengan alam maka......

a.       Lingkungan yang bersih

b.      Udara yang sejuk

c.       Terjadi Banjir

d.      Tanah yang subur

Post a Comment for "Contoh Soal Kelas 5 Tema 6 Sub 2"