Contoh Soal Kelas 5 Tema 6 Sub 2
PPKN
1.
Pasal
yang terdapat dalam UUD 1945 yang mengatur Hak untuk mendapatkan
pengajaran adalah ....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945
2.
Segala
sesuatu yang seharusnya diperoleh seseorang disebut....
a. Kewajiban
b. Tata Tertib
c. Peraturan
d. Hak
3.
Pasal
yang terdapat dalam UUD 1945 yang mengatur Hak untuk menyampaikan
pendapat adalah ....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945
4.
Kewajiban
seorang siswa disekolah adalah....
a. Mendapatkan pelajaran.
b. Mengerjakan Tugas Sekolah
c. Mendapatkan perhatian guru
d. Makan di kantin sekolah
IPA
5.
Panas
dapat berpindah dari ….
a. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tingggi
b. Benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah
c. Benda bersuhu rendah ke benda bersuhu minus
d. Benda bersuhu nol ke benda bersuhu 100
6.
Radiasi
adalah proses perpindahan panas dengan ….
a. Tanpa zat perantara
b. Tanpa perantara cahaya
c. Perantara logam
d. Dengan zat perantara
7.
Air
yang dimasak dalam panci bisa mendidih merata ketika dipanaskan termasuk
perpindahan panas secara ….
a. Konveksi
b. Konduksi
c. Respirasi
d. Evaporasi
8.
Alat
di bawah ini yang memiliki cara kerja pepindahan panas secara konduksi adalah
….
a. Lampu pijar
b. Kompor
c. Setrika
d. Oven
SBDP
9.
Tari jaran
kepang mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai…
a.
miring dan lurus
b.
lurus dan lengkung
c.
melingkar, lurus, horisontal, lengkung
d. miring dan lengkung
10.
Tari Saman dari Aceh mempunyai pola lantai
berbentuk ….
a. Vertikal
b. Horizontal
c. Melengkung
d. Lingkaran
11. Pola lantai
dalam tari dibedakan dalam 2 jenis yaitu garis ..... dan garis.....
A. Lurus dan lengkung
B. Panjang dan pendek
C. Besar dan kecil
D. Nyata dan palsu
12. Jenis
pola lantai dalam tarian yang berupa para penari membentuk garis lurus dari
depan ke belakang atau sebaliknya seperti pada Tari Serimpi dari Jawa Tengah
dinamakan pola lantai ….
a. Hoizontal
b. Diagonal
c. Oval
d. Vertikal
BAHASA
INDONESIA
13. Agar dapat menjelaskan isi teks maka hal yang hrus
diperhatikan adalah....
a.
Membaca teks dengan seksama dan memahami
informasi penting
b.
Membaca teks dengan cepat agar tidak kehabisan
waktu
c.
Tidak membaca teks sama sekali
d.
Membuat ringkasan
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat
menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas
dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan
sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas
matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan
yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil
fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk
manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi
hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam
berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk
mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin,
bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu
rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah
pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah
kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas
dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di
atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain,
dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi
panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api
dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu
digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan
dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat
menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek
api dan kompor.
14. Kata
kunci pada pargraf pertama...
a. Cara menghasilkan energi panas
b. Kegunaan matahari
c. Kegunan matahari
d. Sumber energi panas
15. Sumber
energi panas yaitu....
a. matahari dan api
b. matahari dan air
c. matahari dan angin
d. matahari dan udara
16. kesimpulan
dari bacaan diatas adalah....
a. energi panas memiliki banyak manfaat bagi manusia
b. energi matahari dapat menerangi bumi
c. energi panas dapat dihasilkan dari sinar matahari
d. sumber energi panas ada disekitar kita dan sumber energi terbesar adalah
matahari
IPS
17. Tempat Pelelangan ikan biasanya dibangun didaerah...
a. Bandara
b. Dermaga
c. Pasar
d. Pelabuhan Ikan
18. Salah satu bentuk Interaksi yang baik antara manusia
dan lingkungan adalah....
a.
Membuat sampah pada tempatnya
b.
Menggunakan Bom Ikan
c.
Menggunakan pestisida yang
berlebihan
d.
Membuang sampah ke sungai
19. Contoh Interaksi
manusia dengan alam adalah...
a. Bayu yang sedang bermain badminton
b. Nelayan yang sedang menagkap ikan dilaut
c. Guru yang sedang mengajar
d. regu yang sedang bertanding sepakbola
20. Akibat interaksi
negatif manusia dengan alam maka......
a.
Lingkungan yang bersih
b.
Udara yang sejuk
c.
Terjadi Banjir
d.
Tanah yang subur
Post a Comment for "Contoh Soal Kelas 5 Tema 6 Sub 2"