Skip to main content

Pengertian Kompetensi Siswa

Secara  umum  kompetensi  merupakan  penguasaan  pengetahuan,  keterampilan  dan kemampuan  yang  dapat  diwujudkan  oleh  perilaku-perilaku  kognitif,  afektif  dan psikomotori dengan sebaik-baiknya. (McAshan, 1981, hal. 45). Selaras dengan pendapat diatas,  Becker,  Huselid  dan  Ulrich  mengemukakan  bahwa  kompetensi  merupakan pengetahuan,  kemampuan  dan  keahlian  (keterampilan) yang  dimiliki  seseorang  yang secara  langsung  mempengaruhi  kinerjanya  (Yuniarsih &  Suwatno,  2009,  hal.  22). Kompetensi atau keterampilan hidup dinyatakan dalam kecakapan, kebisaan, keterampilan, kegiatan, perbuatan,performansi yang dapat diamati malahan dapat diukur (Sukmadinata, 2012, hal. 18). Kompetensi meliputi kinerja yang harus dilakuka, kondisi yang diharapkan dan satandar yang dicapai. (Dobson, 2003, hal. 8) Kompetensi  merupakan  perpaduan  dari  pengetahuan,  ketrampilan,  nilai  dan  sikap yang  direfleksikan  dalam  kebiasaan  berpikir  dan  bertindak  (Garcia-Barbero,  1998,  hal. 167) (Mulyasa, 2004, hal. 37) (Arifin, 2011, hal. 153) (Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem  Perencanaan,  2008,  hal.  133).  Jadi  dapat  diartikan  bahwa  kompetensi  siswa merupakan penguasaan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang tercermin dalam kebiasaan berfikir serta bertindak siswa. Kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa terdiri atas  Kompetensi  Dasar,  Kompetensi  Umum,  Kompetensi Teknis  atau  Operasional,  dan Kompetensi Profesional. Kompetensi siswa dapat diukur melalui indikator kognitif, afektif dan psikomotor (Bloom, 1956, hal. 17) (Fuad  & Ahmad, 2009, hal. 27-29) atau dengan kata lain  yaitu pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap  (Garcia-Barbero,  1998,  hal.  167).  Namun,  pada penelitian kali ini, kompetensi siswa diukur melalui Mata Pelajaran Peminatan Kejuruan di kelas 12  yaitu Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana dan Administrasi Humas dan Protokoler. Kompetensi siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini hanya dikaji satu  faktor,  yaitu  efektivitas Competency  Based  Training.  Hal  ini  disandarkan  pada pendapat bahwa kompetensi siswa dapat ditingkatkan melalui Competency Based Trainingatau pelatihan berbasis kompetensi (Blank, 1982, hal. 26) (Purnamawati, 2011, hal. 3) 

Kompetensi  siswa  yang  meliputi  Administrasi  Kepegawaian,  Administrasi Keuangan,  Administrasi  Sarana  dan  Prasarana  dan  Administrasi  Humas  dan  Protokoler berada pada kategori tinggi. Efektivitas Competency Based Training yang diukur melalui indikator  Daftar  kompetensi,  Penilaian  pencapaian  kompetensi,  Penggunaan  modul, Penilaian  berdasarkan  standar  kompetensi,  Penilaian  berdasarkan  kinerja,  Pengakuan terhadap  kompetensi,  Hasil  belajar  dalam  bentuk  pernyataan  kompetensi  berada  pada kategori sangat efektif. Efektivitas Competency  Based  Training berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penguasaan kompetensi siswa. Dengan demikian peningkatan Efektivitas Competency Based Training akan diikuti oleh peningkatan kompetensi siswa 

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...