Pengertian Kompetensi Siswa
Secara umum kompetensi merupakan penguasaan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat diwujudkan oleh perilaku-perilaku kognitif, afektif dan psikomotori dengan sebaik-baiknya. (McAshan, 1981, hal. 45). Selaras dengan pendapat diatas, Becker, Huselid dan Ulrich mengemukakan bahwa kompetensi merupakan pengetahuan, kemampuan dan keahlian (keterampilan) yang dimiliki seseorang yang secara langsung mempengaruhi kinerjanya (Yuniarsih & Suwatno, 2009, hal. 22). Kompetensi atau keterampilan hidup dinyatakan dalam kecakapan, kebisaan, keterampilan, kegiatan, perbuatan,performansi yang dapat diamati malahan dapat diukur (Sukmadinata, 2012, hal. 18). Kompetensi meliputi kinerja yang harus dilakuka, kondisi yang diharapkan dan satandar yang dicapai. (Dobson, 2003, hal. 8) Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak (Garcia-Barbero, 1998, hal. 167) (Mulyasa, 2004, hal. 37) (Arifin, 2011, hal. 153) (Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Perencanaan, 2008, hal. 133). Jadi dapat diartikan bahwa kompetensi siswa merupakan penguasaan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang tercermin dalam kebiasaan berfikir serta bertindak siswa. Kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa terdiri atas Kompetensi Dasar, Kompetensi Umum, Kompetensi Teknis atau Operasional, dan Kompetensi Profesional. Kompetensi siswa dapat diukur melalui indikator kognitif, afektif dan psikomotor (Bloom, 1956, hal. 17) (Fuad & Ahmad, 2009, hal. 27-29) atau dengan kata lain yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap (Garcia-Barbero, 1998, hal. 167). Namun, pada penelitian kali ini, kompetensi siswa diukur melalui Mata Pelajaran Peminatan Kejuruan di kelas 12 yaitu Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana dan Administrasi Humas dan Protokoler. Kompetensi siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini hanya dikaji satu faktor, yaitu efektivitas Competency Based Training. Hal ini disandarkan pada pendapat bahwa kompetensi siswa dapat ditingkatkan melalui Competency Based Trainingatau pelatihan berbasis kompetensi (Blank, 1982, hal. 26) (Purnamawati, 2011, hal. 3)
Kompetensi siswa yang meliputi Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana dan Administrasi Humas dan Protokoler berada pada kategori tinggi. Efektivitas Competency Based Training yang diukur melalui indikator Daftar kompetensi, Penilaian pencapaian kompetensi, Penggunaan modul, Penilaian berdasarkan standar kompetensi, Penilaian berdasarkan kinerja, Pengakuan terhadap kompetensi, Hasil belajar dalam bentuk pernyataan kompetensi berada pada kategori sangat efektif. Efektivitas Competency Based Training berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penguasaan kompetensi siswa. Dengan demikian peningkatan Efektivitas Competency Based Training akan diikuti oleh peningkatan kompetensi siswa
Join Telegram https://t.me/opm_madrasah
Post a Comment for "Pengertian Kompetensi Siswa "