name="robots" content="index, follow" Mengenal Sistem Operasi Windows - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sistem Operasi Windows


Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI).

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Microsoft windows adalah salah satu pilihan dari beberapa sistem operasi untuk Personal Computer (PC). Sistem ini menerapkan Graphical User Interface (GUI), yakni program yang menggunakan media gambar yang jelas, seperti keadaan sebenarnya, sebagai penghubung antara komputer dengan pemakai (user) untuk pengoperasian komputer. Sistem operasi adalah program komputer dasar yang berfungsi untuk mengawali proses kerja komputer. Pada awalnya sistem operasi dibuat secara sederhana di mana semua perintah menggunakan mode teks. Jadi pemakai komputer harus menghafal perintah untuk menjalankan komputer. Dalam perkembangannya GUI menyempurnakan pengoperasian komputer dari menggunakan mode teks menjadi sistem operasi dengan mode gambar. Dengan GUI pada windows seorang pemakai cukup memilih objek gambar yang menggambarkan perintah-perintah untuk mengoperasikan komputer. Sistem operasi windows adalah merek dagang yang hak patennya perusahaan perangkat lunak Microsoft. Window sendiri artinya adalah jendela, di mana dari arti tersebut dapat dilihat sebuah persamaan fungsi jendela rumah dengan sistem operasi windows. Jendela adalah tempat untuk melihat sebuah tempat di luar tempat tinggal Anda. Begitu juga dalam sistem operasi windows, jendela digunakan untuk membantu membuka program komputer lain sekaligus dan untuk berpindah antar program secara cepat. Beberapa keuntungan penggunaan sistem operasi windows dibandingkan dengan sistem operasi berbasis teks, adalah:
  • Program dijalankan dengan perintah-perintah berupa grafik (gambar objek) sehingga tidak perlu menuliskan mode teksnya.
  • Pemakai sistem operasi secara berama (resource sharing), dapat menjalankan beberapa program aplikasi secara bersama (multitasking).
  • Perpindahan antar program aplikasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. 
  • Pengelolaan memori yang diatur oleh sistem operasi  

Post a Comment for "Mengenal Sistem Operasi Windows"