name="robots" content="index, follow" Cara Mudah Proteksi Lembar Kerja Excel - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Proteksi Lembar Kerja Excel

Apa itu proteksi? Proteksi merupakan salah satu fungsi untuk melindungi sesuatu dari hal-hal yang tidak di inginkan, jika pada Excel proteksi ini berguna untuk memberikan perlindungan terhadap data-data penting yang telah tertulis di lembar kerja Excel, agar orang yang tidak berhak tidak dapat mengakses lembar kerja Excel dengan mudah, karena terlindung dari proteksi yang sebelumnya telah di masukan kata sandi. Misalnya pada lembar kerja Excel terdapat data penting, agar data tersebut tidak bisa di edit maupun di hapus oleh orang lain, kita bisa memproteksinya dengan bantuan fitur yang terdapat pada toolbars Microsot Excel. Bagaimana cara kerjanya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Misalnya memiliki data tabel seperti berikut.
  • Agar data tersebut tidak bisa di edit maupun di hapus, kita arahkan kursor ke tab Review >> pilih Protect Sheet, seperti berikut.
  • Maka akan muncul dialog, centang bagian “Protect worksheet and contents of lockeds cells”, lalu pada isian “Password to unprotect sheet” masukan kata sandi misalnya rumuslengkap.com, pada “Allow all users of this worksheet to” centang “Select locked cells” dan “select unlocked cells”, klik OK.
  • Tampil dialog Confirm Password, masukan ulang kata sandi rumuslengkap.com, klik OK.
  • Cobalah sekarang Anda edit salah satu tulisan pada data tersebut, misalnya ingin mengedit tulisan Monitor. Apa yang terjadi? Maka yang terjadi adalah akan muncul dialog seperti berikut.
  • Kemudian coba klik kanan pada salah satu data, maka pada bagian seperti insert, delete, format cells dan lain sebagainya, tidak muncul atau tidak bisa diklik.
  • Kemudian jika Anda ingin mengembalikan seperti semula atau agar bisa di edit kembali data-data tersebut, tinggal ikuti langkah pada no 2, lalu akan muncul dialog unprotect sheet, lalu masukan kata sandi yang sebelumnya telah dimasukan untuk memproteksi lembar kerja yakni rumuslengkap.com, klik OK.

Kesimpulan, hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki data penting pada lembar kerja Excel, agar tidak mudah di akses oleh pihak yang tidak berhak. Semoga bermanfaat….


Post a Comment for "Cara Mudah Proteksi Lembar Kerja Excel"