name="robots" content="index, follow" Kelebihan PDF dibanding format dokumen lainnya - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan PDF dibanding format dokumen lainnya

Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Wikipedia
Pengertian PDF (Portable Document Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.
Sebagai suatu format dokumen pastinya PDF mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan format lain seperti pada Word, Excel, Power Point, Text dan lain – lain. Kelebihan dari suatu berkas yang disimpan dengan format PDF antara lain :
  • Kelebihan utama dari file PDF adalah sifatnya yang fleksibel. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa file PDF ini dapat dibuka di komputer manapun atau bahkan smartphone tanpa adanya perubahan pada data atau isinya. Bahkan suatu browser bernama Mozilla Firefox juga memiliki kemampuan untuk membaca data pada format PDF.
  • Dapat diberi keamanan dengan mensetting password sehingga tidak dapat diedit sembarangan atau bahkan dibuka sekalipun. Gunakan software PDF locker jika tidak dapat dibuka.
  • Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa file PDF tidak dapat diedit karena dengan mengconvert ke dokumen lain kemungkinan datanya akan kacau. Namun jangan salah karena saat ini terdapat software PDF reader yang juga dilengkapi fitur editor.
  • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya format PDF tidak hanya menyimpan data dalam bentuk teks namun juga gambar (image) ataupun foto juga bisa.
  • Tersedia banyak sekali software PDF reader, software untuk melakukan konversi dari teks ataupun gambar dan software untuk melakukan editor (baik secara aplikasi ataupun online). Ketersediaan software yang sangat beragam ini menjadi indikasi ketenaran format PDF hingga saat ini.

Post a Comment for "Kelebihan PDF dibanding format dokumen lainnya"