name="robots" content="index, follow" Apakah Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal ??? - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal ???

Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktru dan berjenjang. Satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta lembaga sejenis.
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain.
Pendidikan ini diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebaga pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal. Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Hasil dari pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
Pendidikan non formal di lingkungan kementerian agama kabupaten grobogan diantaranya adalah 
  • Taman Pendidikan Al Qur'an 
  • Madrasah Diniyyah Ulaa 
  • Madrasah Diniyyah Wustho
  • Madrasah Diniyyah Ulya
  • Pondok Pesantren
Selain itu, ada juga berbagai kursus, diantaranya kursus memasak, musik, bimbingan belajar dan sebagainya. Termasuk pendidikan kesetaraan meliputi Paket A, Paket B dan Paket C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Pendidikan Non formal juga terus berkembang seperti sekarang tepatnya tahun 2020 ini sekarang kementerian agama juga memberikan ijob kedapa lembaga PaudQ dengan juknis berikut ini. dan dalam juknis pun juga disebutkan Rumah tahfidz atau LPQ dan Paud Al Qur'an atau PAUDQU atau Ponpes Tahfidz.

Post a Comment for "Apakah Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal ???"