Strategi Pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik
Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen umum dari suatu bahan pembelajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk menghasilkan hasil belajar tertentu. (Suparman, 2008 : 127). Secara umum strategi mempunyai pengertian sebagai berikut suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai sasaran yang akan ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru-murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan.
Dalam kaitannya dengan belajar mengajar, pemakaian istilah strategi
dimaksudkan sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan
yang memungkinkan terjadinya proses mengajar. Dapat pula dikemukakan bahwa
strategi berarti pilihan pola kegiatan belajar mengajar yang diambil untuk mencapai
tujuan secara efektif.
Strategi pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran,
menyampaikan pelajaran dan mengelola kegiatan belajar dengan menggunakan
berbagai sumber belajar yang dilakukan guru untuk mendukung terciptanya evektifitas
dan efesiensi proses pembelajaran. Pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan
pembelajaran diarahkan pada berbagai komponen yang disebut sistem pembelajaran.
Kompenen-kompenen pembelajaran tersebut, menurut AECT (1977) adalah pesan,
orang , material, peralatan, tehnik, dan setting. Oleh karena itu, strategi pembelejaran
merupakan bagian terpenting dalam komponen tehnik dan metode dalam suatu sistem
pembelajaran.
Rumusan lebih jelas dapat dilihat dalam Depdiknas (2003) yang merumuskan
strategi pembelajaran sebagai cara pandang dan pola pikir guru dalam mengajar agar
pembelajaran menjadi efektif. Artinya, rumusan yang dibuat Depdiknas lebih spesifik
dengan tujuan yang jelas, yaitu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Rumusan
Depniknas tersebut diperkuat dengan pernyataan selanjutnya bahwa dalam
mengembangkan strategi pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan beberapa hal
yang memungkinkan terciptanya pembelajaran efektif dan berhasil baik.
Menurut Munib Chotib (2012 :129-130) strategi pembelajaran adalah suatu
kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
tercapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran dapat dikelompokkan
kedalam dua bagian, yaitu:
Post a Comment for "Strategi Pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik"