name="robots" content="index, follow" Manfaat NISN, Pengelola Data Madrasah dan Siswa perlu tahu bahwa NISN memiliki sejumlah manfaat - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat NISN, Pengelola Data Madrasah dan Siswa perlu tahu bahwa NISN memiliki sejumlah manfaat

            Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN http://nisn.data.kemdikbud.go.id
Manfaat NISN bagi siswa Siswa perlu tahu bahwa NISN memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan. 
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini. 
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN atau kini disebut SNBP. 
Dan di kementerian agama NISN juga salah satu atribut data yang digunakan untuk alokasi ijazah.
Penerapan NISN mulai dilakukan otomatis mulai tahun pelajaran 2016/2017.  Seperti dikutip dari laman Kemendikbud, mulai tahun ajaran tersebut, NISN diberikan otomatis kepada siswa baru untuk jenjang pendidikan SD kelas 1 dan peserta didik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas). Penomoran otomatis ini dilakukan dengan catatan bahwa data peserta didik telah diisikan ke dalam aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) oleh operator sekolah sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Baca juga: Ikut SNBP 2023? Pahami Perbedaan NISN dan NPSN Demikian informasi mengenai apa itu NISN, cara mengecek NISN dan manfaat NISN bagi siswa. Dengan tahu cara mengecek NISN, diharapkan siswa tidak akan menemui kendala saat pendaftaran SNBP 2023 mendatang.
dan disebutkan pula Berdasarkan surat Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Nomor 5150/J1/DS.00.01/2022 Tanggal 7 November 2022 Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi serta Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023, Pusat Data dan Teknologi Informasi menyiapkan data dukung Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang bisa diakses melalui tautan https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/. Data dukung bersumber dari mekanisme DAPODIK dan mekanisme EMIS yang disajikan pada laman ini terdiri dari: 

  1. Data Satuan Pendidikan: berupa data identitas Satuan Pendidikan. Apabila terdapat data yang tidak sesuai, pemutakhiran data dilakukan melalui aplikasi VervalSP oleh Operator Satuan Pendidikan. Untuk validasi data Akreditasi Satuan Pendidikan, pemutakhiran data dilakukan melalui mekanisme BAN-SM. 
  2. Data Peserta Didik: berupa data jumlah Peserta Didik yang sudah valid, unik dan tunggal dan jumlah residu Peserta Didik. Residu Peserta Didik yaitu Peserta Didik yang belum memiliki NISN, tercatat di lebih dari satu Satuan Pendidikan, tercatat di lebih dari satu Rombongan Belajar dan belum tercatat pada Jurusan. Pemutakhiran data Peserta Didik dilakukan melalui aplikasi VervalPD oleh Operator Satuan Pendidikan. Khusus untuk perbaikan data identitas Peserta Didik yaitu NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung bisa dilakukan secara mandiri oleh Peserta Didik melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id. 
Sumber : 
  • https://www.operatormadrasahhebat.my.id/2022/11/pemberitahuan-verifikasi-dan-validasi.html
  • https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/15/064600271/apa-itu-nisn-begini-cara-cek-dan-manfaatnya-bagi-siswa?page=all

Post a Comment for "Manfaat NISN, Pengelola Data Madrasah dan Siswa perlu tahu bahwa NISN memiliki sejumlah manfaat"