{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan yang baru trend di Facebook iklan job analys,apa itu ??

Di zaman digitalisasi seperti sekarang banyak hadir lowongan pekerjaan baru. Lowongan pekerjaan baru yang banyak dibutuhkan jasanya oleh perusahaan salah satunya adalah Data Analyst. Lalu, apa itu Data Analyst dan serba-serbinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

 1. Deskripsi

Data analyst adalah profesi pekerjaan yang tugasnya untuk membaca serta menganalisis data yang ada dari perusahaan dalam rangka keberlangsungan perusahaan tersebut. Di era digitalisasi seperti sekarang profesi terkait pengolahan data sangat menjamur dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. selain data analyst ada juga data engineer, data scientist, dll.

Seorang data analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan ke depannya. Informasi tersebut dikumpulkan dari fakta-fakta dan tren yang ada di perusahaan tersebut.

Selain itu, seorang data analyst juga harus mampu mengolah dan menerjemahkan informasi berupa data dan menjadikannya sebuah laporan. Laporan tersebut harus mampu dipahami secara utuh oleh pengambil kebijakan supaya tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Seorang data analyst juga harus memiliki komunikasi yang baik untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan bisa dipahami.

 2. Tugas dan Kewajiban Data Analyst

Selain harus mampu menganalisis dan menerjemahkan data berupa informasi. Seorang data analyst juga memiliki peran dalam perancangan dan pemeliharaan sistem data dan database. Hal ini supaya seorang data analyst mampu melaksanakan tugas utamanya dengan lancar, maka seorang data analyst juga harus memiliki akses dalam sistem database.

Selanjutnya, data analyst juga berkolaborasi dengan profesi lainnya di suatu perusahaan, antara lain engineer, programmer, dan pengambil keputusan di perusahaan. Seorang data analyst  juga harus memiliki kerjasama tim yang baik dalam menunjang tugas dan tanggung jawabnya.

Hal yang terpenting lainnya adalah memastikan pesan yang ingin disampaikan bisa dipahami secara utuh dengan para pengambil kebijakan. Jika sedikit saja ada makna yang meleset atau salah, maka akan berpengaruh dalam keputusan perusahaan ke depannya.

 3. Serba-Serbi Lainnya

Fakta menarik dari profesi data ini, bahwa di Indonesia sendiri sampai saat ini masih jarang sekolah atau jurusan kuliah data analyst. Biasanya data analyst ini masuk ke dalam studi Sistem Informasi atau Teknik Informatika. Celah ini yang bisa kalian jadikan peluang untuk meraih masa depan, mengingat kebutuhan akan profesi data semakin bertambah dan banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan.

Profesi data analyst juga hampir dibutuhkan di berbagai industri yang ada. Sehingga peluang kerja yang kalian bisa raih akan semakin besar. Beberapa industri yang membutuhkan peran dari data analyst, antara lain industri perbankan, transportasi, asuransi, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia sobat UMN apa itu yang dimaksud dengan data analyst, profesi yang banyak dibutuhkan sekarang. Kalian juga bisa belajar tentang analisis data di UMN dengan masuk jurusan Sistem Informasi dan Informatika.

Post a Comment for "Pekerjaan yang baru trend di Facebook iklan job analys,apa itu ??"