Kumpulan materi FAQ EMIS 4.0 || Leave Agent EMIS
Assalamu'alaikum Wr Wb
Dashboard & Menu Penjelasan FAQ Dashboard pada aplikasi EMIS 4.0
Mengapa Jumlah siswa di dashboard berbeda dengan jumlah di daftar siswa ?
Ada schedule terkait update perhitungan jumlah data siswa di dashboard, sehingga dimungkinkan terdapat
perbedaan dengan daftar siswa. Perbedaannya seharusnya tidak signifikan
LEMBAGA Penjelasan FAQ lembaga pada aplikasi EMIS 4.0
Mengapa Profil Madarasah tidak dapat di edit pada menu Identitas
Kolom identitas lembaga tidak dapat diedit/disable :
- Data pokok yang tidak bisa dirubah di emis : NPSN, NSM, Nama Lembaga, Status Madrasah, Jenis Lembaga, Kategori Madrasah
- Data Kelembagaan sedang dalam pengajuan perubahan (belum mendapatkan persetujuan)
- Sudah melakukan konfirmasi kelembagaan
Bagaimana cara mendapatkan NPSN bagi lembaga
Proses mendapatkan NPSN bagi lembaga baru :
- Pengajuan NPSN dilakukan otomatis oleh sistem antara EMIS dan VervalSP Pusdatin
- Dipastikan lembaga telah melengkapi data kelembagaan terkait persyaratan penerbitan NPSN, yakni: - Kelengkapan data profil kelembagaan - Telah mengupload foto pendukung yang sesuai pada menu Galeri Foto - Telah mengupload Dokumen Perizinan pada menu Dokumen perizinan
- Pengajuan NPSN mendapat persetujuan oleh VervalSP Pusdatin Kemdikbud
Bagaimana mengatasi pengajuan NPSN yang Ditolak
Untuk dapat mengetahui status pengajuan NPSN adalah melalui menu Dashboard, kemudian
geser ke bawah pada bagian informasi status pengajuan NPSN
Validasi awal pengecekan kelengkapan data lembaga dilakukan di EMIS. Wewenang terbitnya
NPSN sepenuhnya merupakan verifikasi dan validasi VervalSP Pusdatin. Lakukan perbaikan
sesuai informasi penolakan NPSN yang tertera pada halaman Dashboard
Bagaimana proses pengisian dan perbaikan data Akreditasi lembaga
- Proses pengiriman data untuk akreditasi lembaga dilakukan berkala oleh EMIS ke BAN S/M atau BANPAUD melalui Pusdatin. Pastikan lembaga melakukan pengisian kelengkapan data di EMIS agar saat ditarik datanya ke Pusdatin, sudah memenuhi kebutuhan untuk akreditasi
- Proses update nilai Akreditasi lembaga di EMIS Pusdatin akan mengirimkan nilai akreditasi ke EMIS melalui server integrasi, dan EMIS mengupdate hasil nilai akreditasi ke masing-masing lembaga
Bagaimana cara mengubah informasi pada menu Bantuan Operasional (BOS)
Menu BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
(Menampilkan apakah madrasah bersedia menerima BOS dan informasi rekeningnya jika ada.
Data akan disediakan dari aplikasi BOS.
Data BOS di EMIS direncanakan didapatkan melalui integrasi dengan aplikasi BOS. Pada EMIS
hanya dapat menampilkan saja dan tidak memerlukan edit data. Pendataan dilakukan di
aplikasi BOS
SISWA – DATA SISWA & PROSES AKADEMIK Penjelasan FAQ siswa pada aplikasi EMIS 4.0
Mengapa siswa hilang di Emis
Berkaitan dengan data siswa di Emis 4.0 hilang (sebelumnya ada). Berikut penyebab data hilang
di Emis 4.0 :
- Siswa telah di non aktifkan pada semester sebelumnya
- Siswa telah di proses mutasi semester sebelumnya, tapi tidak di proses (kadaluarsa)
- Siswa pada semester sebelumnya tidak di masukkan ke rombel/ status siswa (aktif tanpa rombel) Terkait dengan solusinya dapat mengajukan perbaikan data melalui Live Agent
Bagaimana mengatasi siswa hilang di Emis tapi di VervalPd
ada
Kemungkinan siswa telah di nonaktif di Emis 4.0 dengan pilihan “DATA GANDA”. Hal ini karena
secara data siswa yang di nonaktifkan dengan pilihan "data ganda" dihapus dari sistem
Dampak nonaktif “DATA GANDA” :
- Saat pencarian di menu pencarian tidak akan di temukan / kosong hasilnya di Emis, tapi di Kemendikbud masih ada
- Laporan Siswa hilang di Emis tapi di VervalPd/ Kemdikbud ada
- Tidak dapat di reaktifasi menggunakan fitur Reaktifasi
- Tidak dapat di proses Ubah Tingkat
- Tidak dapat di proses Mutasi
- Tidak dapat di proses PPDB
- Tidak tampil di daftar siswa, monitoring siswa
Bagaimana mengatasi siswa salah tingkat Terkait siswa salah tingkat
dapat di sesuaikan tingkatnya melalui kemenag provinsi, silakan
koordinasi dengan kanwil provinsi setempat untuk menyesuaikan tingkatnya.
Bagaimana cara mengaktifkan siswa Nonaktif
Terkait siswa nonaktif dapat diaktifkan kembali, untuk mekanisme pengajuannya silahkan untuk
menghubungi atau koordinasi dengan kanwil provinsi setempat untuk mengajuakan
permohonan reaktifasi siswa melalui kemenag provinsi setempat
Permohonan reaktifasi juga berlaku untuk pengaktifan siswa mutasi yang kadaluarsa karena
tidak di proses selama 30 hari terhitung dari tanggal rencana mutasi (siswa akan otomatis non
aktif di lembaga asal). Reaktifasi untuk siswa mutasi kadaluarsa (non aktif) dapat diajukan untuk
di aktifkan langsung di lembaga tujuan mutasi.
Bagaimana mengatasi siswa tanpa tingkat dan status (kosong)
Tingkat dan Status siswa yang kosong setiap pergantian semester Genap ke Ganji akan muncul
setelah proses Kenaikan Kelas.
Bagaimana cara membatalkan proses kenaikan kelas
Proses pembatalan kenaikan kelas dapat dilakukan oleh operator lembaga dengan cara klik batalkan
pada siswa yang akan di batalkan di halaman “sudah proses” menu kenaikan kelas kemudian proses
ulang dengan ketentuan yang sesuai
Bagaimana cara membatalkan proses kelulusan
Terkait kelulusan dapat di batalkan selama belum di setujui proses kelulusanya oleh kepala
madrasah, proses kelulusan tidak dapat di batalkan jika telah di setujui kamad.
Bagaimana cara membatalkan proses kelulusan yang telah di setujui kamad
Kelulusan yang sudah disetujui kamad tidak dapat dilakukan pembatalan.
Jika terdapat kekeliruan silakan berkoordinasi dengan UC Kanwil setempat untuk mengajukan
permohonan batal kelulusan. setelah melakukan pengajuan, UC Kanwil akan meneruskan pengajuan
ke pihak pusat untuk ditindak lanjuti
Tidak dapat memproses kelulusan keterangan “Data Murid sedang dalam pengajuan Mutasi”
Pastikan tidak ada siswa yang belum tuntas proses mutasinya : Status / Keterangan mutasi :- Menunggu Persetujuan
- Diajukan
- Ditolak
Wa'alaikumsalam Wr Wb
Join Telegram https://t.me/opm_madrasah
mantab
ReplyDelete