name="robots" content="index, follow" Cara mengelompokan data dengan conditional formating - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengelompokan data dengan conditional formating

Assalamu'alaikum Wr Wb 
masih seputar microsoft excel artikel kali ini kita akan membahasa bagaimana cara untuk mengelompokkan data dengan menggunakan conditional formating, sebelum kita lanjut kita diskripsikan terlebih dahulu makna dari conditional formating yang ada pada microsoft excel. dikutip dalam laman microsoft conditional formating merupakan fungsi Pemformatan bersyarat memudahkan untuk menyorot nilai tertentu atau membuat sel tertentu mudah diidentifikasi. Ini mengubah tampilan rentang sel berdasarkan suatu kondisi (atau kriteria). Anda bisa menggunakan pemformatan bersyarat untuk menyorot sel yang berisi nilai yang memenuhi kondisi tertentu.
seperti penulis gambarkan seperti dibawah ini , seumpama kita memiliki sebuah data dengan berfokus pada Harga, kemudian kita di minta untuk mencari dan mengelompokkan berdasarkan nilai dibawah satu juta, maka twntu saja bila kita menggunakan cara manual akan membutuhkan waktu yang relatif lama.
nah langsung saja berikut trik mengelompokan data dengan conditional formating :

Langkah pertama

Siapkan data yang ingin kita kelompokan dan disini saya contohkan data seperti pada gambar dibawah ini :

Langkah kedua

Proses dalam menggunakan fungsi conditional formating; kita menuju ke desain kemudian pilih conditional formating || Hightlingh Cell Rules || Less Thenn seperti petunjuk gambar dibawah ini  :

Langkah ketiga

akan muncul kotak dialog, kemudia di bagian penulis yang dilingkari silahkan ketik saja angka atau nominl 1 Juta ( 1000.000 )

Langkah Terakhir

nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah ini; 

Lebih jelas nya bisa simak video berikut ini 

Wa'alaikumsalam Wr Wb 

Post a Comment for "Cara mengelompokan data dengan conditional formating"