Mengetahui fungsi Format Cells pada microsoft Excel
1. Jelaskan fungsi FORMAT CELL pada Microsoft Excel !
Format cell pada excel ini digunakan untuk mengatur penulisan data dalam sel berdasarkan Horisontal atau vertical. kita dapat merubah orientasi tulisan teks atau angka secara horisontal atau vertikal dengan sudut kemiringan yang dapat kita sesuaikan.
2. Jelaskan langkah-langkah membuat tabel di Microsoft Excel !
Cara Membuat Table Microsoft Excel Dengan Menu Insert Table
Langkah-langkah untuk membuat tabel di excel menggunakan perintah Insert Table adalah sebagai berikut:
- Seleksi rentang data yang ingin Anda ubah menjadi tabel.
- Pilih Tombol Table Pada Tab Insert--Group Tables. Untuk langkah cepat anda bisa mencoba menggunakan shortcut tombol Ctrl + T atau Ctrl + L.
- Berikutnya akan muncul sebuah Option Box atau kotak pilihan "Create Tabel"
- Pada Kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang ingin Anda jadikan tabel sudah benar.
- Jika range data yang ingin Anda jadikan tabel memiliki HEADERS atau Judul Kolom maka centang bagian "My tabel has headers". Jika tidak dicentang maka dibagian atas tabel yang Anda buat akan muncul sebuah header baru dengan nama Column1, Column2 dan seterusnya. Nama-nama header tabel ini bisa Anda ubah.
- Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel baru telah muncul di lembar kerja Excel Anda.
Cara Membuat Tabel Excel Dengan Menu Format as Table
Cara kedua untuk menkonversi range data menjadi tabel excel adalah dengan menggunakan Menu Format as Table. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Seleksi atau pilih rentang data yang ingin Anda jadikan tabel.
- Pada Tab Home dan bagian Group Style pilih menu "Format as Table"
- Pilih salah satu design tabel yang Anda kehendaki.
- Muncul sebuah Option Box atau kotak pilihan "Create as Tabel"
- Pada Kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang ingin Anda jadikan sebagai tabel sudah benar.
- Seperti cara pertama jika range data yang ingin Anda jadikan tabel memiliki HEADERS atau Judul Kolom maka centang bagian "My tabel has headers".
- Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel baru telah muncul di worksheet Anda.
3. Tuliskan Langkah-langkah menggabungkan Cell di Microsoft Excel !
- Buka dokumen Excel. ...
- Pilih sel yang ingin digabungkan. Klik satu sel, lalu tarik tetikus (mouse) ke arah sel lain yang ingin digabungkan. ...
- Klik tab Home. Letaknya ada di kiri atas jendela Excel. Langkah ini akan memunculkan toolbar Home.
- Klik Merge & Center.
Post a Comment for "Mengetahui fungsi Format Cells pada microsoft Excel"