{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Login dan Penjelasan Singkat Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM)

Update 25 Januari 2024


Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM) mengukur potensi individu pada tujuh aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM diharapkan dapat membantu siswa untuk mengenal potensi dan minat diri, sebagai alat refleksi, sehingga penyesuaian terhadap tujuan, cita-cita pada program studi atau jenis pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu. Pengembangan ABM melalui tahapan prosedur asesmen terstandar dan menggunakan analisis dengan pendekatan teori tes modern sehingga hasil asemen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan.

Salah satu langkah yang dilakukan BPPP dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran bakat dan minat siswa adalah melalui pelayanan ABM. Pelayanan ABM diselenggarakan untuk sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK di seluruh provinsi melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara daring.

Apa itu ABM ?

Bakat adalah potensi bawaan untuk mudah/cepat menguasai pengetahuan atau keterampilan tertentu. Bakat dapat berkembang apabila mendapatkan stimulasi yang tepat dari lingkungan misalnya dengan latihan. Minat adalah ketertarikan/ keinginan untuk menekuni/ melibatkan diri dalam kegiatan/ bidang tertentu.

ABM adalah asesmen yang diselenggarakan oleh Pusmendik untuk mengukur potensi atau memprediksi kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta untuk mengetahui minatnya berdasarkan ketertarikan pada jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Siapa Sasaran yang mengikuti  Asesmen Bakat Minat ?

Pelayanan ABM ditawarkan untuk siswa SMP, MTs, SMPK, SMPTK, dan MWP kelas IX di Indonesia.

Kapan pelaksanaan Asesmen Bakat Minat ?

Pelaksanaan asesmen 19 - 23 Februari 2024 dan 26 Februari - 1 Maret 2024. Di satuan pendidikan masing masing 

Mengapa pelaksanaan Asesmen Bakat Minat Itu Penting ?

Karena dalam pelaksanaa ABM memiliki Manfaat dan tujuan 
Tujuan Memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus dan kesesuaian dengan minatnya. Manfaat Memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. 

Di mana pelaksanaan Asesmen Bakat Minat ?

Di satuan pendidikan masing masing karena pelaksanaanya hanya dengan metode ONLINE, MANDIRI, tidak dapat menumpang dengan satuan pendidikan lain.

Bagaimana Cara mengakses Aplikasi Asesmen Bakat Minat ?

Satuan pendidikan mengakses laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/abm menggunakan :  
username ANBK dan password default (username ANBK + tanda bintang (*)
kemudian selanjutnya masing2 akun kemenag kab/kota silahkan segera login, lengkapi profil, dan ganti password

Baca Juga : 

Post a Comment for "Cara Login dan Penjelasan Singkat Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM)"