name="robots" content="index, follow" Rumus IF Beberapa Kriteria dengan Rentang Nilai Tertentu - OPERATOR MADRASAH
{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus IF Beberapa Kriteria dengan Rentang Nilai Tertentu

Assalamu'alaikum Wr Wb 

Cara mencari kreteria Nilai Lulus dan Remidi

Pada kesempatan kali ini admin akan membuat sebuah rumus excel yang di sering digunakan dalam mengelola sebuah nilai siswa.
Dalam pengelolaan nilai biasanya seorang guru dalam pembelajaran memberikan ketentuan nilai misal 
"Siswa yang mendapakan nilai lebih dari atau sama dengan 80 keatas akan dinyatakan lulus, dan bila kurang dari 80 maka dinyatakan remidi"
nah dalam hal ini perlu sekali kita menggunakan sebuah cara untuk mengelola data nilai siswa tersebut akan mendapakan hasil yang maksimal dengan kecepatan waktu yang optimal.

Apa cara mencari kreteria Nilai Lulus dan Remidi

dalam artikel ini cara yang digunakan dalam kasus seperti pada uraian diatas kita menggunakan aplikasi microsoft excel dengan memanfaatkan rumus atau Fungsi IF

Pengertian dari Rumus IF

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.
Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.

Mengapa mencari kreteria Nilai Lulus dan Remidi menggunakan rumus IF 

karena dalam rumus if ini kita bisa mendapatkan pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.

Bagaimana cara mencari kreteria Nilai Lulus dan Remidi

Rumus IF dalam Excel adalah salah satu fungsi yang termasuk dalam kategori logika. Fungsi ini digunakan untuk pengujian logika tertentu pada rumus ExcelFungsi IF akan menghasilkan nilai TRUE apabila kondisi yang ditentukan untuk evaluasi terpenuhi, dan FALSE jika kondisi tidak terpenuhi
Rumus IF dalam Microsoft Excel sangat berguna untuk menguji nilai logika dan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Dalam kasus rentang nilai, kita dapat menggunakan rumus IF untuk memberikan grade berdasarkan kategori tertentu. Berikut adalah beberapa informasi mengenai penggunaan rumus IF untuk rentang nilai:

Rumus IF untuk Rentang Nilai Siswa:
Rumus IF digunakan untuk memberikan grade pada nilai siswa berdasarkan rentang tertentu. Misalnya, kita ingin menghasilkan grade “Lulus” atau “Gagal” berdasarkan nilai siswa.
Syntax rumus IF:
=IF(C2<69;"Kurang";IF(C2<79;"Cukup";IF(C2<89;"Baik";IF(C2<100;"Sangat Baik";"Sangat Baik"))))
Contoh: Jika nilai siswa berada dalam rentang tertentu, kita dapat menetapkan grade “Lulus” atau “Gagal” 1.

Silahkan simak video singkat di bawah ini 


Wa'alaikumsalam Wr Wb 

Post a Comment for "Rumus IF Beberapa Kriteria dengan Rentang Nilai Tertentu"